Selasa, 07 Agustus 2012

PENERIMAAN CPNS FORMASI UMUM TAHUN 2012 PEMPROV JATIM



Kabar gembira bagi masyarakat Jawa Timur khususnya dan Indonesia umumnya, yang udah mendengar informasi di media-media cetak dan Internet. Berita yang telah beredar bahwa nantinya dalam rekrutmen CPNS pertama pascamoratorium ini, Pemprov Jatim mendapatkan kuota 148 orang. Dari jumlah itu, 90 orang akan diisi oleh tenaga kesehatan dan 58 sisanya untuk tenaga teknis lainnya. Kecil sekali jumlah tsb dibanding pada tahun 2011 yang mendapatkan formasi hampir 300 kursi. Jatah tsb seperti biasa masih menjadi prioritas Tenaga Kesehatan yakni Tenaga Dokter Spesialis, Dokter Gigi dan Perawat, dll. Sisanya adalah Tenaga Teknis yang tetap menjadi primadona adalah dari Formasi S1 Ilmu Hukum. Kemudian tenaga Administrasi memang sengaja tidak dibuka, dikarenakan belum menjadi kebutuhan. Disisi lain jatah formasi yg sangat kecil tsb dimungkinkan menjadi rebutan para pelamar seluruh Indonesia dikarenakan hanya Pemprov Jatim yang membuka cpns di tahun 2012 sedangkan yang lainnya adalah dari Kementerian Pusat. Itu dikarenakan masih belum berakhirnya masa moratorium dan masih diatas 50 % anggaran belanja PNS daerah.

Adapun jadwal pelaksanaanya adalah sbb :

No
Nama Kegiatan
Tanggal Pelaksanaan
Ket
1
Pengumuman dan Pendaftaran Penerimaan CPNS di media
9 s/d 11 Agustus 2012
Media Cetak “SURYA/BHIRAWA”
2
Pendaftaran Pelamar
11 s/d 15 Agustus 2012
Media “online”
3
Seleksi Berkas Kelengkapan Pendaftaran
12 s/d 29 Agustus 2012
BKD PROV
4
Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi
3 September 2012
BKD PROV Media online
5
Ujian (Test) Kompetensi Dasar
8 September 2012
Web BKD PPROV
6
Pengumuman Kelulusan Tes Kompetensi Dasar
18 September 2012
Web BKD PPROV
Web BKD : http://bkd.jatimprov.go.id (persyaratan unduh disini)

Pelamar dapat mengakses informasi yang detail pada web bkd juga bisa mendownload form2 yang diperlukan. Untuk tes CPNS tahun ini persyaratan sangat dipermudah seperti tahun2 sebelumnya tidak perlu ada SKCK, kartu kuning, dll. Pelamar hanya perlu mendaftarkan secara online di web bkd dan mengirimkan berkas fisik kelengkapan via pos berupa fotocopy ijazah+transkrip yang dilegalisir min dekan (pejabat berwenang), surat lamaran ditulis sendiri beserta materai dan pas foto. Untuk tahun 2012 pelaksanaan tes cpns masih memakai metoda lama yakni tes tulis bukan memakai computer (CAT) seperti di wacanakan oleh Bpk Gubernur. Pelaksanaan tahun ini diharapkan oleh masyarakat luas adalah bahwa mulai dari seleksi rekrutmen s.d pelaksanaan dan pengumuman harus se transparan mungkin. Seperti tahun2 yang lalu pihak panitia selalu menggandeng pihak ke-3 kampus ITS sebagai konsorsium soal dan proses koreksi jawaban secara computer

5 komentar:

  1. Hati2x para pelamar kalo sampai mundur jika diterima akan dikenakan denda Rp. 50jt rupiah. Jgn main2x ya...he3

    BalasHapus
  2. untuk yg kabupaten/kota ada tes atau tidak? mohon info

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemkot/Pemkab memang tahun 2012 tidak dibuka dikarenakan msh diberlakukannya masa moratorium cpns. Demikian terimakasih.

      Hapus
  3. kapan moratorium cpns akan dicabut oleh Pemerintah?dan kapan juga akan diadakan tes cpns untuk tenaga honorer kategori 2?mohon infonya dan terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. akhir tahun 2012 moratorium berakhir dan 2013 Pemkab/Pemkot akan diberikan jatah formasi masing2 sesuai tingkat prosentasi belanja keb pnsd.... utk tenaga honorer K-2 akan di sleksi melalui jalur ujian akademis tahun 2013.

      Hapus