Kamis, 02 Mei 2013

PELAKSANAAN UJIAN KP PENYESUAIAN IJAZAH DI LINGKUNGAN PEMPROV JATIM 2013


Kepada Yth Sdr. :
1. Sekretaris DPRD Provinsi Jawa Timur ;
2. Inspektur Provinsi Jawa Timur ;
3. Kepala Dinas/Badan/Kantor Provinsi Jawa Timur ;
4. Direktur RSU/RSUD Provinsi Jawa Timur ;
5. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Prov. Jatim ;
6. Kepala Biro di lingkungan Setda Prov. Jatim ;
7. Sekretaris KORPRI/KPID/KPU Prov. Jatim.
8. Para PNS Peserta Ujian KPPI Pemprov Jatim.
di TEMPAT.


Sehubungan dengan akan diselenggarakannya Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah Tahun 2013, kami memberikan kesempatan bagi PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang memenuhi ketentuan dalam Peraturan Gubernur No. 71 Tahun 2011 tentang Izin Belajar dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat bagi PNS di lingkungan Pemprov Jatim untuk menyesuaikan kepangkatan berdasar Ijazah yang dimilikinya. 
Terkait dengan hal tersebut di atas bersama ini diberitahukan dengan hormat hal-hal sebagai berikut :

1. Persyaratan kelengkapan berkas Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah (KPPI) sebagai berikut :
    a. Surat pengantar dari instansi ;
    b. Fotocopy Surat Keputusan pangkat terakhir yang dilegalisir. Khusus bagi calon peserta
        yang TMT CPNS-nya Tahun 2010 s/d 2013 selain Fotocopy SK pangkat terakhir juga
        diwajibkan melampirkan SK CPNS ;

    c. Fotocopy Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) tahun terakhir yang dilegalisir ;
    d. Daftar uraian pekerjaan pada jabatan yang diduduki saat ini, diketahui pejabat eselon II ;
    e. Pas foto berwarna ukuran 3x4 dan 2x3 sebanyak 2 (dua) lembar dengan latar belakang
        warna merah dan menggunakan pakaian dinas ;

    f. Fotocopy ijazah dan transkrip yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang. Khusus
       calon peserta Ujian KPPI S2, diwajibkan melampirkan fotocopy ijazah S1 yang sudah
       dilegalisir ;

    g. Fotocopy Surat Ijin Belajar/Surat Keterangan Belajar dari Badan Kepegawaian Daerah
        yang dilegalisir Kasubid Pengembangan BKD ;

    h. Melengkapi Form Biodata (silahkan unduh disini) ;
    i. Membuat daftar peserta ujian KPPI sesuai form excel seperti contoh ;
    j. Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani dari Puskesmas/RSU Pemerintah ;

2. Ketentuan bagi peserta Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah :
    a. Berijazah SLTA/Paket C/D1 untuk menjadi Pengatur Muda golongan ruang II/a bagi
        PNS yang serendah-rendahnya berpangkat Juru golongan ruang I/c dengan masa kerja
        golongan sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun ;

    b. Berijazah Sarjana Muda/Akademi/Diploma III untuk menjadi Pengatur golongan ruang
        II/c bagi PNS yang serendah-rendahnya berpangkat Pengatur Muda Tk. I (II/b) dengan
        masa kerja golongan sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun ;

    c. Berijazah S1/D4 untuk menjadi Penata Muda golongan ruang III/a bagi PNS yang
        serendah-rendahnya berpangkat Pengatur golongan ruang II/c dengan masa kerja
        golongan sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun ;

    d. Berijazah dokter spesialis/apoteker/S2 untuk menjadi Penata Muda Tingkat I golongan
        ruang III/b bagi PNS yang serendah-rendahnya berpangkat Penata Muda golongan ruang
        III/a dengan masa kerja golongan sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun ;

    e. Memiliki ijazah dengan program studi yang telah ditentukan berdasarkan kebutuhan
        formasi di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagaimana terlampir. Khusus
        bagi calon peserta Penyesuaian Ijazah S2 kebutuhan formasinya menyesuaikan ijazah
        S1 yang dimiliki ;

    f. Tidak menjabat pada jabatan fungsional tertentu, kecuali calon perawat/
        bidan/sejenisnya ;

Adapun bagi calon peserta yang formasinya ada di SKPD selain tempatnya bertugas, tetap dimungkinkan untuk mengikuti Ujian dimaksud sepanjang memperoleh persetujuan dari atasan langsungnya; 
(untuk mengetahui daftar/kebutuhan formasi yang disediakan silahkan unduh disini)

3. Perlu diketahui bahwa salah satu tujuan Ujian KPPI ini adalah sebagai instrumen
    penataan pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, sehingga apabila
    peserta ujian dinyatakan lulus maka yang bersangkutan akan ditempatkan sesuai formasi
    yang tersedia sebagaimana dalam lampiran. Oleh karena itu pengusulan peserta agar
    mengikuti tata cara terlampir ;


4. Hard/soft copy berupa daftar nominatif usulan peserta, form biodata dan berkas
    kelengkapan peserta dikirimkan ke BKD Provinsi Jawa Timur cq. Bidang Formasi dan
    Pengembangan Pegawai, Jl. Jemur Andayani No. 1 Surabaya Telp. (031) 8476668 Fax.
    (031) 8477404. Sedangkan soft copy yang berisi daftar nominatif usulan peserta bisa
    dikirimkan melalui alamat email forbangjatim@yahoo.co.id paling lambat Kamis, 23 Mei 2013


Demikian atas kerjasamanya disampaikan terimakasih

An. GUBERNUR JAWA TIMUR
KEPALA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH 
PROVINSI JAWA TIMUR



Dr. H. AKMAL BOEDIANTO, S.H., M.Si
Pembina Utama Madya

Kontak Person BKD/Panitia :
1. Bpk Januar Hp. 081332170422
2. Bpk. Widodo Hp. 082230258155
3. Bpk. Panitia BKD Hp. 081232912445

13 komentar:

  1. Bagaimana mendapatkan Surat Ijin Belajar apabila sudah mendapatkan Ijazah S2 sebelum diterima sebagai PNS? Saat ini saya memiliki Golongan Ruang III/a. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. utk mendapatkan Suket IB apabila ybs ketika belum diangkat CPNS udh mendapatkan S2 bisa diurus surat ket belajar ke BKD Prov. Jatim yg kekuatan hukumnya sama spt surat IB. Maaf dari SKPD mana ?

      Hapus
  2. Dari Dinas Bina Marga Provinsi. Mohon informasi apakah informasi mengenai Penyesuaian Ijazah ini sdh disampaikan kepada SKPD?Karena beberapa waktu yg lalu sy menanyakan kepada Bag.Kepegawaian, dijawab bahwa penyesuaian ijazah S2 sy baru dapat diproses saat kenaikan ke IV/a. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Surat sudah meluncur hari ini mas, mohon ditunggu saja. Utk KP seleksi Pembina memang bukan saya khusus pejabat ess4 yg punya S2 saja, tp staf yg punya S2 bisa dinaikan pangkatnya ke gol/ruang IV/pembina. Utk kasus spt sampeyan ijasah S2 bisa utk PI ke Gol III/b Penata Tk. I hanya menempuh waktu singkat melalui jalur KP Pilihan. Coba utk terkait teknis sampeyan bisa konsul ke BKD saja. terimakasih.

      Hapus
  3. Selamat pagi,
    Ada beberapa yg ingin saya tanyakan perihal KPPI ini:
    1. Pada SK CPNS jabatan saya adalah Pranata Komputer (III/a)yg merupakan jabfung. Namun sampai saat ini utk jabfung tersebut masih belum ada kejelasan.
    2. Untuk formasi,kebetulan yg tersedia untuk jurusan informatika tidak tersedia di SKPD saya (Kominfo). Apakah mutlak nantinya kalau saya lolos KPPI saya harus pindah ke SKPD lain yg menyediakan formasi tersebut? Apakah tidak bisa tetap di SKPD asal? Karena ijin persetujuan dari atasan kalau harus pindah pasti tidak akan boleh.
    Mohon pencerahannya, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pagi mas Gugi....Diskominfo
      Sebelum kami jawab, mas tmt cpns per 2010/2011 ?
      1. Utk saat ini memang setiap rekrutmen baru mulai th 2010 semua jabatan pada pns udah harus melekat yaitu fungsional umum, namun apabila sk jab fungsional khusus udah terbit, proses KP harus secara PAK sesuai ketentuan yg berlaku di setiap SKPD. Utk kasus mas gugi banyak yg mengalami sama yaitu proses KP akan ditolak di BKN. Saran kami coba mas bisa hub pak Yanto di Bidang Mutasi utk kejelasan SK Jab fungsional khusus. Tlp 8477551-8477404
      2. Ya memang dari hasil pemetaan PNS yg dilakukan BKD tergambar/terpetakan bahwa masih banyak hasil analisa SKPD yg mengalami kekurangan di setiap satker. Bila memang di tempat mas masih dibutuhkan jabatan tsb bisa konsultasi ke pimpinan setempat apakah perlu alih fungsi ke SKPD lain atau tetap disana.
      Demikian terimakasih.

      Hapus
  4. Selamat siang,
    Saya mau bertanya tentang KPPI ini:
    1. Saya berasal dari Pemkab Lamongan, apa bisa mengikuti ujian KPPI ini?
    2. SK kenaikan pangkat II/d saya keluar pada bulan Oktober 2012 dan kelulusan S-1 Teknik Informatika saya pada bulan April 2012. Apa saya bisa mengikuti ujian KPPI ini?
    3. Apa syaratnya jika berada di luar Pemprov Jawa Timur jika bisa mengikuti ujian KPPI ini?

    Terima kasih atas jawabannya.
    Mochammad Kurniawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siang mas M. Kurniawan :
      1. Pada prinsipnya spt tahun2 yg lalu kami siap menerima peserta diluar SKPD prov. jatim, asalkan semua persyaratan bisa terpenuhi.
      2. Oh bisa mas, pangkat min adl II/c tmt masa kerja 1 th udah bisa mengikuti ujian kppi.
      3. Utk persyaratan tetap sama, bila ada kendala teknis lainnya bisa hub kontak person kami mas di no hp panitia. Pak Januar.
      4. Point terpenting adl daftar uraian pekerjaan harus relevan/sinkron pada tupoksi da ijasah yg telah diperoleh.
      Demikian terimakasih atas kerjasamanya.

      Hapus
  5. Mohon informasi, untuk mengajukan Surat Ijin Belajar/Surat keterangan Belajar perlu mengisi form Daftar Riwayat Hidup. Sedangkan di dalam form tersebut terdapat isian Surat Kelakukan Baik, Surat Keterangan Berbadan Sehat, dan Surat Bebas Narkoba. Apakah Surat2 tersebut termasuk syarat pengajuan Surat Keterangan Belajar? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak perlu mas,,, kalo itu khusus pelamar cpns baru, kalo utk pengurusan IB/Suket dikosongkan saja mas. Demikian terimakasih.

      Hapus
  6. pndftaran ipdn belum ada knfrmasi pasti pak

    BalasHapus
  7. Selamat pagi, saya guru dari Kabupaten Lamongan mau bertanya tentang KP PI
    1. Apa KP PI juga berlaku untuk guru?
    2. Kami baru mengetahui info tentang KP PI kemarin, jika bisa ikut KP PI apakah masih bisa mendaftar?

    Atas infonya/ jawabannya saya ucapkan terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak bisa langsung kontak kami di nomor Pak januar / hp panitia. Demikian terimakasih

      Hapus