Senin, 05 April 2010

Gubernur Buka Gelar Pameran Layanan Publik

Gubernur Jawa Timur, Dr H Soekarwo direncanakan membuka Pameran Pelayanan Publik di Taman Krida Budaya Malang yang akan digelar selama tiga hari mulai 8-10 April 2010 mendatang. Pameran pelayanan publik tingkat provinsi itu digelar sebagai langkah kesiapan Jatim untuk mengikuti Gelar Pelayanan Publik Tingkat Nasional pada 23 Juni 2010.
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jatim, Dr Rasiyo, MSi di kantornya, Senin (22/3) mengatakan, Jatim merupakan provinsi yang berhasil meraih juara satu dalam bidang pelayanan publik sejak 2006 dan meraih juara di tingkat nasional. Kesiapan Jatim untuk mengikuti gelar pelayanan publik tingkat nasional sudah dilaksanakan sejak jauh-jauh hari, dan Jatim akan mempertahankan predikat itu.
Sekda menyampaikan penghargaan atas kepedulian dan dukungan kabupaten/kota yang ikut serta dalam kegiatan itu, karena dengan pameran dapat memberikan gambaran tentang pelayanan publik yang diterapkan Pemprov Jatim. "Yang paling penting yakni implementasi konkrit sebagai abdi negara, abdi pemerintah, dan abdi masyarakat dalam memberikan pelayanan secara transparan, dan tepat waktu," ujarnya.
Dia menambahkan, di Jatim penerapan pelayanan publik telah direalisasikan dengan mendirikan Perizinan Pelayanan Terpadu (P2T) dari 17 SKPD dan sekitar 170 jenis pelayanan. Ini merupakan komitmen Pemprov, sehingga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan penilaian Integritas Layanan Publik Yang Paling Tinggi di Indonesia.
"Kita akan terus berupaya meningkatkan pelayanan dengan bagus. Dulu Penanaman Modal Dalam Negeri untuk mengajukan izin selesai dalam jangka waktu 117 hari, sekarang dengan adanya P2T bisa selesai 17 hari," ujarnya.
Ini artinya dengan waktu yang lebih pendek kualitas pelayanan semakin bagus, dilakukan secara transparan dan biaya yang jelas.
Sementara Kepala Biro Organisasi Pemprov Jatim selaku Ketua Pelaksana, Drs Sukardo Msi mengatakan, untuk mamacu pelayanan publik, pemerintah RI melalaui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara menyelenggarakan program Penghargaan Citra Pelayanan Prima.
Penghargaan ini digelar setiap dua tahun sekali, utamanya pada tahun genap dan untuk tahun ini akan dilaksanakan April. Menjelang persiapan penilaian, Pemprov Jatim terus berupaya meningkatakan kualitas pelayanan publik, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Bagi yang menang penyerahan perhargaannya akan diberikan oleh Presiden pada 23 Juni 2010, bertepatan pada Hari Pelayanan Publik Internasional.
Sukardo mengharapkan, kepada unit pelayanan publik agar terus membenahi dan menambah kualitas pelayanan. Peningkatan ini dapat dilakukan dengan meningkatkan inisiatif, inovatif, dan pola kerja.
Seluruh aparatur pemerintah wajib memberikan pelayanan yang lebih baik pada masyarakat. Ini terkait dengan Peraturan Daerah (Perda) No 11/2005 dan UU No 5/2009 tentang pelayanan publik. "Dengan demikian ke depannya aparatur pemerintah tidak dapat main-main lagi dalam memberikan pelayanan publik," katanya.
Terkait dengan peningkatan kualitas pelayanan, Pemprov telah mengeluarkan berbagai kebijakan. Antara lain, selain membentuk P2T, pelayanan publik harus memiliki standardisasi prosedur dan produk pelayanan melalaui penetapan standar pelayanan publik, dan mendorong unit-unit pelayanan publik untuk mendapatkan sertifikat International Organization for Standardization (ISO).(sar/s)
Dikutib dari http://bpm.jatimprov.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar